Berita

RAKOR PENGAWASAN KEARSIPAN INTERNAL PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa penyelenggaraan Kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang andai, pelindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional dan mendinamiskan penyelenggaraan Kearsipan Nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pengawasan kearsipan agar pencipta arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan pengelolaan kearsipan dengan baik serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Terciptanya budaya tertib arsip yang berkesinambungan dan mendorong pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundangan yang berlaku. Dengan demikian dapat terwujud akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan menjaga memori kolektif bangsa.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan selaku Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Pekalongan pada tahun 2019 akan melaksanakan pengawasan internal terhadap pencipta arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Untuk kelancaran pelaksanaan pengawasan tersebut pada hari Kamis, 03 Oktober 2019 telah dilaksanakan penjelasan teknis instrumen pengawasan yang disampaikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close