Berita

PELAKSANAAN LOMBA PERPUSTAKAAN DESA TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Sungguh menyenangkan jika kita melihat dan menyaksikan secara langsung perpustakan “ Budaya Baca yang mungil dan berada di Desa Sabarwangi. Kecamatan Kajen, Kabupatebn Pekalongan yang tampak begitu bersih .asri . terasa sejuk dan nyaman . Perpustakaan Budaya baca Desa Sabarwangi ini telah memiliki gedung tersendiri yang terpisah dari Kantor dan Balai Desa . Sehubungan dengan kondisi tersebut maka Perpustakaan ini . telah diajukan untuk mengikuti lomba perpusdes Tingkat provinsi Jawa Tengah .

       Kondisi  perpusdes Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen Kab Pekalongan

Pada hari Sabtu, tanggal 27 Juni 2020 bertempat di Balai Desa Sabarwangi, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, telah berlangsung  lomba Perpustakaan Desa Tingkat provinsi Jawa Tengah Pelaksanaan lomba dimulai Jam  09.30 dan berakhir jam 12.00. Tim Juri dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan Tingkat provinsi Jawa Tengah hadir tepat waktu.

sambutan perkenalan dari Tim penilai lomba perpusdes tk prop Jateng di Desa Sabarwangi Kec Kajen Kab Pekalongan

 Serangkaian  susunan acara yang dapat disajikan dalam lomba perpustakaan Desa tersebut   Meliputi, pembukaan, Sambutan Selamat Datang dari Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan, Sambutan Kepala Desa Sabarwangi  Tentang Gambaran Umum Desa, dan dukungan kebijakan terhadap Perpustakaan  “Budaya Baca“  Desa Sabarwangi.

Ketua Pengelola  Perpusdes Desa sabarwangi ibu Riska Dewi  Widyaningrum,S.Pd, M.Pd juga menyampaikan Laporan tentang rincian berbagai Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh perpustakaan “Budaya Baca“ di Desa Sabarwangi antara lain : menggiatkan siswa paud untuk gemar berkunjung ke perpustakaan, memberilan latihan ketrampilan bagi para Remaja, kerjasama dengan lembaga desa maupun sekolah dasar, Paud, dan sekolah lainnya yang domisilinya  berdekatan dengan Desa Sabarwangi, serta berbagai kegiatan desa lainnya yang dipusatkan di Perpustakaan Desa tersebut, disertai bukti bukti pendukung kegiatan berupa foto dan Video.

Sambutan Kepala Dinas Arpus Kab Pekalongan dlm acara lomba perpusdes Tk Prop Jateng

Usai laporan pelaksanaan Kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan pelaksanaan ferivikasi  data oleh Tim Juri Lomba Perpustakaan Desa Tingkat provinsi Jawa Tengah . Pesan yang cukup mengesankan dari Tim Juri antara lain  Tentang Organisasi dan Kelembagaan,  Sarana dan Prasarana, Pelayanan dan pengelolaan perpustakaan ,kerjasama  dan dukungan anggaran sudah sesuai dengan data riil.

Kegiatan unggulan yang  ada di perpustakaan “Budaya Baca“ Desa Sabarwangi, adalah  ketrampilan remaja berupa produk masakan  yang diperoleh dari hasil membaca bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan. Produk masakan  tersebut sudah dipasarkan melalui berbagai media.

Contoh hasil produk ketrampilan di perpusdes Budaya baca

Kegiatan unggulan lainnya yaitu Perpustakaan “Budaya Baca Desa Sabarwangi  dijadikan sebagai pusat berkegiatan masyarakat, baik Kegiatan Anak anak, remaja, dan warga masyarakat, sehingga secara singkat dapat disampaiakan bahwa di Perpustakaan “Budaya Baca“ Desa Sabarwangi adalah merupakan perpustakaan yang berbasis inklusi sosial.

Dalam Sambutannya  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan  Ibu Tutik Iriyanti,SH,M.Si menyampaikan bahwa Perpustakaan “Budaya Baca“ Desa Sabarwangi adalah merupakan salah satu perpustakaan di Kabupaten Pekalongan yang telah dinilai dan dipilih untuk mengikuti Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Propinsi Jawa tengah, karena memiliki berbagai keunggulan tersebut.

Kini, pelaksanaan Lomba perpustakaan Provinsi Jawa Tengah telah usai, tinggal menunggu hasil ferivikasi dari Tim Yuri, mohon doa dari segenap pembaca, semoga Tim yuri memberikan penilaian secara obyektif  sehingga perpustakaan “Budaya Baca Desa Sabarwangi dapat memperoleh hasil  yang lebih baik  . Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close